Dasar dalam membuaf Cake

Assalammualaikum muslimah, saatnya aku untuk berbagi cara membuat cake nih dari hal yang mendasar patut untuk di pelajari, dipahami dan dicoba nih sahabat muslimah. kalian bisa belajar loh bersama aku di blog ini. insyaaAllah aku akan memberi kalian ilmu dari cara membuat cake hingga teknik-teknik dalam penghiasan cake yuuk sahabat muslimah mari kita simak.

Seri I (pertama) ....................RESEP CAKE 

I. Macam-macam Resep Dasar Cake 
Untuk bereksperimen dibutuhkan cake yang “biasa,” yang belum dibubuhi: 
Vanili 
Buah-buahan 

Terdapat 4 resep dasar cake, yaitu : 

1) Cake yang sederhana, menghemat telur tapi cukup enak.
2) Memakai lebih banyak kuning telur dan karena itu lebih lembut rasanya.
3) Yang memanfaatkan lebih banyak putih telur sehingga kue mempunyai lubang-lubang besar dan agak kasar teksturnya. Cake semacam ini memang mempunyai penggemar khusus. 
4) Cake yang serba cepat dan praktis. Sangat berguna bila Anda mendadak kedatangan tamu. 

1. Cake Sederhana 
Bahan: 
200 gr margarine/mentega 
200 gr gula pasir yang halus 
3 butir telur 
250 gr tepung terigu 
1 sendok teh baking powder  
1/4 sendok teh garam 
50 cc susu 

Cara membuat: 
1) Kocoklah margarin dan gula sampai putih, kemudian masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok sampai naik. 
2) Setelah itu masukkan sedikit demi sedikit secara bergantian campuran tepung terigu, baking powder dan garam yang sudah diayak sekaligus susunya. 
3) Aduk perlahan-lahan dengan sendok kayu atau sendok adonan sampai rata, kemudian tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi margarine dan ditaburi sedikit terigu. Lalu tutuplah cetakan dengan aluminium foil. 
4) Panggang adonan kue ke dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan panas 180C (panas sedang). 
5) Setelah 30 menit, buka aluminium foilnya, panggang lagi sampai kue matang dan warnanya kuning kecokelatan (selama 15 – 20 menit lagi, angkat dan waktu masih panas keluarkan dari cetakannya.
Catatan : 
Cetakan ditutup dengan aluminium foil maksudnya supaya kue tidak terlalu cepat mengembang, sehingga juga tidak terlalu cepat mengeras. 
Pada waktu membuka aluminium foil, cetakan jangan dikeluarkan dari oven, dan bukalah pintu oven secukupnya saja. Supaya kue tidak mengempis lakukanlah dengan cepat. 

2. Cake yang Lembut 
Bahan: 
200 gr margarine/mentega 
200 gr gula pasir yang halus 
6 butir telur (6 kuning telur, 5 putih telur)
200 gr tepung terigu
1/4 sendok teh garam 

Cara membuat: 
1) Kocoklah margarine dan gula sampai putih, lalu masukkan telur satu persatu sambil dikocok terus sampai naik. 
2) Masukkan campuran tepung terigu dan garam yang sudah diayak, aduk perlahan-lahan dengan sendok adonan sampai rata, lalu tuang kedalam cetakan, yang sudah diolesi mentega dan ditaburi dengan sedikit tepung terigu. 
3) Kemudian pangganglah dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan panas ± 180C selama ± 40 – 45 menit dengan warna kuning kecokelat-cokelatan. 
4) Jangan membuka oven sebelum kue kelihatan mengembang (± 30 menit pertama), agar kue tidak bantat (dapat mengembang dengan baik). 
5) Setelah kue matang, panas-panas keluarkalah kue dari cetakannya. 

3. Cake Prima
Bahan: 
8 kuning telur
4 putih telur 
225 gram pasir yang halus 
225 gram margarine/ mentega, dilelehkan, lalu didinginkan 
160 gram tepung terigu 
1/4  sendok teh garam
Cara membuat : 
1) Kocoklah telur dan gula sampai naik dan putih, lalu masukkan margarine yang sudah dilarutkan, kocok kembali sampai rata. 
2) Setelah itu masukkan campuran tepung terigu dan garam yang sudah diayak, aduk perlahan dengan sendok adonan sampai rata. 
3) Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi margarine dan ditaburi sedikit terigu. Pangganglah dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan panas ± 180C selama ± 40 – 45 menit atau sampai kue kelihatan kuning kecokelat-cokelatan. Angkat dan panas-panas keluarkan dari cetakannya. 

4. Cake yang Cepat dan Praktis
Bahan: 
200 grr tepung terigu 
1 sendok teh baking powder 
1/2 sendok teh garam 
1/4 sendok teh soda kue 
200 gr margarine/ mentega 
200 gr gula pasir yang halus 
4 butir telur
Cara membuat : 
Taruhlah terrigu, baking powder, soda kue dan garam dalam mangkokm adonan, lalu buat lubang ditengahnya. 
Masukkan ke lubang tersebut margarine, gula dan telur, lalu kocok dengan mixer dalam kecepatan tinggi selama 3 menit. Kemudian tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi margarine dan ditaburi sedikit tepung. 
Panggang dalam oven, yang sudah dipanaskan dahulu dengan panas sedang 180C selama 45 – 40 menit atau sampai kue matang dan berwarna kuning kecokelat-cokelatan. Setelah matang, keluarkan kue panas-panans dari cetakannya dan dinginkan. 
Catatan: 
Cake ini sifatnya lebih keras dan teksturnya agak kasar bila dibandingkan dengan kue yang dibuat dengan resep lainnya. Tetapi cara membuatnya lebih cepat dan lebih praktis. 

Nah kalian pasti udah mengerti kan sekarang, gimana? yukk di coba caranya agar bisa bertahap membuat cake nya. Selamat mencoba yaa sahabat muslimah. Wassalammualaikum 😉

Comments