Cara membuat Variasi Cake

Assalammualaikum sahabat muslimah, Apa kabarnya nih, sekarang saatnya aku berbagi cara bervariasi dalam membuat cake nih sahabat muslimah, yuk di baca terus di coba.

Variasi Cake
Maksudnya adalah dari variasi cake dapat dibuat dari keempat resep dasar diatas.

1. Cake dengan Rasa Tertentu (Variasi 1)
Kelompok kue ini memiliki rasa dan warna tertentu.
a. Cake Vanili
Tambahkan 1 sendok teh vanili ke dalam adonan, masukkan bersama gula.

b. Cake dengan Rasa Jeruk Sitrun
Tambahkan 2 sendok makan lemon (sitrun) juice ke dalam adonan, masukkan bersama gula.

c. Cake dengan Rasa Jeruk Sunkist
Tambahkan dan campurkan ke dalam adonan: 2 sendok makan orange juice dan 1 sendok makan kulit jeruk sunkist yang diparut.

d. Cake Cokelat
Campurkan 40 gram cokelat bubuk, dan 30 gram gula ke dalam tepung terigu.

e. Cake dengan Rasa Kopi
Campurkan 2 sendok makan kopi instan (Nescafe) pada tepung terigu.

f. Cake Berbumbu I
Campurkan ke dalam tepung terigu: 2 sendok teh kayu manis bubuk, 1 sendok teh jahe bubuk, dan 1/4 sendok teh bumbu spekuk. Tambahkan juga 1/2 sendok teh vanilli.

g. Cake Berbumbu II
Gantilah gula pasir atau gula halus pada resep dasar kue, dengan 175 gram gula palm serta campurkan 2 sendok makan bumbu spekuk padda tepung terigu.

h. Cake Madu gantilah gula pasir atau gula halus pada adonan resep dasar dengan 150 gram madu, kocoklah bersama-sama dengan margarine/mentega.

2. Cake dengan Satu Macam Isi (Variasi 2)

a. Cake Kenari
Pada saat terakhir, masukkan ke dalam adonan: 100 gram amandel atau kenari yang sudah dicacah dan 1 sendok makan air jeruk sitrun. Aduk adonan sampai rata benar.

b. Cake Kismis
Tambahkan 1/2 sendok teh vanili ke dalam campuran  mentega dan gula yang sedang dikocok, setelah itu masukkan 150 gram kismis yang sudah ditiriskan ke dalam adonan, aduk sampai merata.

c. Cake dengan Buah-buah Kering
Masukkan pada saat terekahir sekali, 150 gram buah kering (mix fruit) ke dalam adonan, kemudian aduk rata yang rata.

d. Cake Jahe
Kurangilah margarine yang dibutuhkan pada resep dasar seebanyak 50 gram ganti dengan 50 cc sirup jahe. Pada saat terakhir masukkan 100 gram jahe yang sudah diparut ke dalam adonan, aduk sampai merata.

e. Cake Kelapa
Tambahkan 1/2 sendok teh vanili ke dalam margarine dan gula yang sedang dikocok. Dan pada waktu memasukkan tepung terigu ke dalam adonan, masukkan juga 100 gram kelapa parut secara bergantian dengan tepung terigu. Setelah itu aduk sampai rata dengan perlahan-lahan.

3. Cake dengan Macam-macam Isi (Variasi 3)
Jenis kue yang agak berat dan padat. Oleh karena itu diiris tipis-tipis saja disaat menyajikannya. Terlebih, pas untuk hadiah karena mempunyai kesan yang mewah. Biasanya dicetak bentuk krans atau tulban.

a. Cake Berbumbu dengan Kacang/Kenari
Masukkan kedalam adonan resep cake berbumbu II  150 gram kacang/kenari yang sudah dicincang dan 50 gram kismis yang sudah dicuci dan dikeringkan (dijemur).

b. Cake Berbumbu dengan Buah-buah Kering
Masukkanlah kedalam adonan resep cake berbumbu I: 75 gram bua-buah kering (mixed fruit), 75 gram kismis yang sudah dicuci dan dikeringkan (dijemur) dan 50 gram jahe yang sudah diparut.

c. Cake Cokelat dan Nanas
Campurkanlah kedalam adonan resep Cake Cokelat: 5 iris tipis nanas kaleng yang sudah ditiriskan dan dilap kering, 2 sendok makan air nanas kaleng dan 50 gram ceri hijau dipotong jadi 2, aduk sampai rata.

d. Cake Raya
Campurkanlah semua bahan berikut ini:
50 gram kismis yang sudah dicuci dan dijemur kering
50 gram sultana, dipotong kecil-kecil, dicuci dan dikeringkan (dapat juga dipakai manisan belimbing atau manisan buah prune)
50 gram sukade, dipotong kecil-kecil
50 ceri merah, dibelah 2
50 gram kacang tanah/amandel, disangrai dicacah
50 gram kenari, disangrai dicacah ke dalam adonan resep Cake Berbumbu I.
Setelah teraduk dengan baik, tuang adonan kedalam cetakan yang sudah diolesi margarine dan ditaburi sedikit terigu dan tutup cetakan dengan aluminium foil. Kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan panas sedang/api kecil ± 125○C - 150○C selama 11/2 – 2 jam. Setelah 45 menit pertama, bukalah aluminium foilnya tanpa mengeluarkan cetakan dari dalam oven.

Setelah kue matang, panas-panas keluarkanlah dari cetakan.

e. Cake Cokelat dari Wina
Campurkanlah 150 gram kenari yang sudah disangrai kedalam resep Cake Cokelat. Setelah kue dingin, siramlah dengan glazuur yang dibuat dari 200 gram gula halus dicampur dengan 3 sendok makan air.

4. Cake yang Dikombinasi (Variasi 4)
Terdiri dari kombinasi 2 rasa. Penampilannya yang menarik.

a. Cake Vanili Rasa Cokelat
Ambilah 1/2 adonan dari resep Cake Vanili, lalu buat campurkan 20 gram cokelat bubuk ke dalamnya. Tuangkan sisa adonan vanili dan adonan cokelat secara bergantian kedalam cetakan. Setelah semua adonan habis tertuang, aduklah perlahan dengan lidi bersih sehingga adonan cokelat dan putih agak tercampur, panggang.

b. Cake Vanili Rasa Kopi
Campurkan 1 sendok makan kopi instant (Nescafe) pada 1/2  bagian dari adonan Cake Vanili, dan kerjakan seperti membuat Cake Vanili Rasa Cokelat diatas.

c. Cake Vanili Rasa Bumbu
Campurkanlah 1 sendok makan kayu manis bubuk, 1 sendok makan bumbu spekuk dan 1 sendok teh jahe bubuk pada 1/2  bagian adonan Cake Vanili. Selanjutnya kerjakanlah seperti membuat Cake Vanili Rasa Cokelat.

d. Cake Vanili Rasa Cokelat dan Jeruk
Buatlah adonan Cake Vanili Rasa Cokelat. Pada adonan putih, campurkanlah 1 seendok makan kulit jeruk sunkist yang sudah diparut dan 1 sendok makan air jeruk sunkist. Selanjutnya kerjakan seperti membuat Cake Vanilil Rasa Cokelat.

e. Cake Kelapa Rasa Cokelat
Buatlah adonan Cake Vanili Rasa Cokelat. Pada adonan putih dan selanjutnya kerjakan seeperti membuat Cake Vanili Rasa Cokelat.


5. Cake yang Dilapis (Variasi 5)

a. Cake Lapis Apel
Siapkan adonan resep Cake Vanili. Setelah itu siapkan juga:
2 sendok makan kayu manis bubuk
50 kg kismis, dicuci dan dikeringkan (dijemur)
1 buah apel, dikupas, lalu diiris tipis-tipis, direbus (jangan lama-lama) dengan sedikit air yang diberi 1 sendok makan lemon juice, lalu tiriskan.
Setelah itu tuang 1/3 bagian adonan kedalam cetakan yang sudah diolesi margarine dan ditaburi terrigu, letakkan beberapa iris apel, taburi dengan kismis dan taburi juga dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk. Kemudian tuang lagi diatasnya 1/2   bagian dari sisa adonan dan letakkan lagi beberapa irisan apel, sisa kismis dan sisa kayu manis bubuk. Terakhir tuangkan sisa adonan diatasnya dan panggang sampai matang.

b. Cake Tutti-Frutti
Siapkan adonan Cake dengan Rasa Jeruk Sitrun, setelah itu siapkan:
50 gram kismis atau sukade, dipotong kecil-kecil
25 gram kenari, dicacah kasar
100 gram manisan belimbing, diiris tipis-tipis melebar.
Tuang 1/3  bagian adonan kedalam cetakan yang sudah diolesi metega dan ditaburi terigu, taburkan 1/2   bagian kenari, setelah itu susunlah irisan manisan belimbing diatasnya. Tuang lagi  1/2  bagian sisa adonan diatasnya dan selanjutnya kerjakan seperti pada resep Cake Lapis Apel.

c. Cake Kelapa Lapis Pisang
Siapkan adonan Cake Kelapa dan siapkan juga 2 buah pisang raja yang sudah matang, masing-masing 2 sendok makan kayu manis bubuk.
Tuang 1/3   bagian adonan kedalam cetakan yang sudah diolesi mentega dan ditaburi terigu dan letakkan 2 iris pisang diatasnya, lalu taburi dengan 1 sendok kayu manis bubuk.
Tuang lagi 1/2  bagian sisa adonan diatasanya, letakkan 2 iris pisang serta kayu manis bubuk. Terakhir tuang sisa adonan diatasnya dan panggang.

d. Cake Madu Lapis Jeruk
Buatlah adonan Cake Madu. Siapkan 1 kaleng kecil jeruk mandarin (mandarin oranges). Cara membuatnya sama dengan cara membuat Cake Kelapa Lapis Pisang.

6. Variasi ke 6
Jenis kue-kue yang dibalik (up side – down cake) waktu menghidangkannya, karena bagian dasar kue dihias dengan cantik. Sebaiknya jenis kue ini memakai cetakan tulban atau cetakan kue tar.

a. Cake Aprikot
Siapkanlah adonan Cake Rasa Jeruk Sitrun dan siapkan pula:
Selai aprikot secukupnya (± 1/2 botol)
1 kaleng buah aprikot yang sudah dibelah 2 dan ditiriskan
25 gram amandel/kenari yang sudah dicacah.
Oleskan selai aprikot pada dasar cetakan yang sudah diolesi margarine dan ditaburi terigu. Setelah itu susunlah buah aprikot dengan bagian yang cembung menghadap kedasar cetakan. Kemudian tuang adonan perlahan diatasnya dan ratakan, panggang. Setelah matang, panas-panas dikeluarkan dari cetakan.

b. Cake Jeruk
Buatlah adonan Cake Madu, dan siapkan juga:
1 kaleng kecil jeruk mandarin (mandarin oranges), ditiriskan
1/2  botol selai jeruk (marmelade).
Selanjutnya kerjakan seperti membuat Cake Aprikot.

c. Cake Nanas
Buatlah adonan Cake Cokelat dan siapkan:
1/2  kaleng manisan nanas, yang bentuk irisannya bulat, lalu tiriskan
Selai nana secukupnya
50 gram kismis, dicuci, lalu ditiriskan.
Susunlah irisan-irisan nanas pada dasar cetakan yang sudah diolesi margarine dan ditaburi terigu. Lalu oleskan selai nanas diatasnya dan taburi kismis. Tuang adonan diatasnya perlahan-lahan, ratakan dan panggang. Jika sudah matang balikkan kue dari cetakan.

d. Cake Belimbing
Siapkan adonan Cake Vanili dan siapkan juga 20 buah manisan belimbing yang dibiarkan utuh, dicuci dan ditiriskan, serta selai jeruk secukupnya. Kemudian buatlah seperti membuat Cake Aprikot.

e. Cake Apel
Buatlah adonan Cake Berbumbu II dan siapkan:
1 – 2 buah apel, lubangi tengahnya dan kupas, lalu diiris setebal 1/2 cm. Masak apel tersebut dengan air mendidih yang diberi 2 sendok makan air jeruk nipis, lalu tiriskan.
50 gram kenari, dicacah
Selai nanas atau selai jeruk secukupnya.
Buatlah kue ini dengan cara yang sama seperti membuat Cake Nanas.

7. Variasi ke 7
Jenis kue yang diberi tambahan cream mentega dengan aroma yang wangi dan lezat rasanya. Biasanya kue ini memakai cetakan kue yang bulat atau persegi saja. Tetapi Anda bisa saja memilih cetakan lain sesuai selera.

a. Cake Vanili dengan Kacang
Buatlah Cake Vanili  dan siapkan:
100 gram kacang tanah, disangrai, dibuang kulitnya, digiling
Cream mentega: yang dibuat dari 100 gram margarine yang dikocok dengan
100 gram gula halus dan 1 sendok teh vanili.
Jika kue vanili sudah matang, belah kue secara horizontal jadi 2 bagian dan olesi bagian tengahnya dengan 1/2 bagian cream yang sudah dicampur dengan 2 sendok makan kacang giling, tumpukkan kue bagian atasnya. Olesi seluruh permukaan kue dengan sisa cream mentega sampai rata, lalu taburi dengan kacang giling.

b. Cake Vanili dengan Kelapa
Buatlah Cake Vanili, lalu siapkan:
100 gram kelapa parut
Air gula yang dibuat dari 30 cc air yang dicampur dengan 25 gram gula pasir. Didihkan, lalu masukkan kelapa parut, sambil terus diaduk-aduk sampai kering.
Buatlah cream mentega seperti resep sebelumnya, tapi jangan tambahkan vanili. Campur 1/2  bagian cream mentega dengan 2 sendok makan manisan kelapa parut. Selanjutnya kerjakan seperti membuat Cake Vanili dengan Kacang.

c. Cake Vanili dengan Keju
Buatlah Cake Vanili dan cream mentega seperti resep terdahulu. Siapkan juga 100 gram keju yang diparut kasar. Campurkan 1/2  bagian cream mentega dengan 2sendok makan keju parut. Selanjutnya kerjakan seperti membuat Cake Vanili dengan Kelapa.

d. Cake Cokelat dengan Kacang
Buatlah Cake Cokelat dan buatlah cream cokelat dari:
100 gram margarine yang dikocok sampai putih dengan 100 gram gula halus dan
20 gram cokelat bubuk.
Siapkan 100 gram kenari yang sudah disangrai lalu dicincang kasar. Kemudian campurkan 1/2  bagian adonan cream cokelat dengan 2 sendok makan kenari. Selanjutnya, kerjakan seperti membuat Cake Vanili dengan Kacang.


Nah sekarang sahabat muslimah jadi paham kan cara bervariasi dalam membuat cake, nah sekarang saatnya sahabat muslim untuk mencobanya yaa, boleh juga di share ke teman kalian, saudara dan keluarga agar bermanfaat. Wassalammualaikum 😉

Comments